Detail

Blog Image

OPTIMALKAN POTENSI REHABILITAN, RSJRW TERIMA HIBAH 6 UNIT MESIN JAHIT

Rehabilitasi psikososial menjadi salah satu tahap penting yang dapat membantu rehabilitan untuk kembali berdaya guna dan menjadi individu yang produktif. Kegiatan yang dirancang dalam program rehabilitasi psikososial selain berfungsi dalam proses pemulihan kesehatan mental, juga memberikan bekal keterampilan hidup agar Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) maupun Ex-ODGJ mampu melakukan aktivitas hidup sehari-hari menjadi individu yang mandiri. Rehabilitasi psikosial juga memiliki peran dalam proses integrasi sosial untuk meningkatkan kualitas hidup ODGJ maupun Ex-ODGJ.

Sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan khusus jiwa, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) melalui Instalasi Rehabilitasi Fisik dan Psikososial terus berupaya mengoptimalkan proses rehabilitasi kepada setiap rehabilitan sebagai bekal kepada setiap rehabilitan  sebelum kembali ke masyarakat. Berbagai kegiatan telah dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan, minat dan bakat rehabilitan seperti pelatihan melukis, membuat berbagai kerajinan berbahan dasar rotan, keterampilan de coupage, membuat telur asin, bercocok tanam, keterampilan menjahit dan berbagai kegiatan lainnya.

Komitmen dan konsistensi RSJRW dalam melatih dan mengoptimalkan potensi rehabilitan mendapatkan perhatian serius dari masyarakat.  Sebagai upaya untuk mendukung kegiatan tersebut  Bank Jatim Cabang Lawang memberikan hibah 6 unit mesin jahit dalam program Tanggung jawab Sosial Perusahaan (CSR). Pada Jumat 5 Oktober 2018 penyerahan hibah secara simbolis dilakukan oleh Pejabat Sementara Kantor Cabang Pembantu Lawang Satria Dananjaya dan diterima oleh dr. Laurentius Panggaben Sp.KJ, MKK. Penyerahan diikuti dengan penandatanganan berita acara serah terima hibah dengan disaksikan oleh jajaran Bank Jatim, Direksi RSJRW, dan Kepala Instalasi Rehabilitasi Fisik dan Psikososial.

Pada sambutannya, dr. Laurentius menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian Bank Jatim terhadap rehabilitan. Ke depan dengan alat yang telah bertambah diharapkan kemampuan rehabilitan dapat turut meningkat sehingga kemampuan yang dimiliki dapat menjadi bekal saat dinyatakan sembuh dan keluar dari rumah sakit. Saat ini rumah sakit masih terus mengupayakan jalan pemasaran produk rehabilitan agar masyarakat luas semakin mengenal produk rehabilitan RSJRW sehingga stigma terhadap ODGJ maupun EX-ODGJ dapat diturunkan (asw hukormas rsjrw 0341 426105)

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials