Detail

Blog Image

RSJRW SELENGGARAKAN SOSIALISASI ETIK DAN HUKUM SEBAGAI JAMINAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI TENAGA KESEHATAN

RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) melalui Komite Etik dan Hukum menyelenggarakan Sosialisasi Etik dan Hukum bagi 80 tenaga kesehatan di lingkungan RSJRW. Mewakili  direktur utama, kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian SDM Anik Herawati SE, MM di Gedung Arjuna. Sebagai penyedia layanan kesehatan,  civitas hospitalia RSJRW rentan menghadapi tuntutan hukum dari pelanggan yang tidak puas dengan layanan yang diberikan. Meski fenomena tersebut jarang terjadi sebagai langkah antisipasi, rumah sakit menyelenggarakan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman dan kepatuhan etik profesi agar seluruh tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai standar yang ditetapkan.

Sosialisasi ini menghadirkan pakar hukum kesehatan dari Kementerian Kesehatan Drs. Amir Hamzah Pane, Apt, SH, MH, MM memberikan materi “Aspek Hukum Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Khusus Jiwa”.  Secara umum materi yang disampaikan mengenai perlindungan hukum bagi tenaga kesehatan dan mekanisme penyelesaian masalahnya apabila terjadi sengketa medis. Dalam kesempatan tersebut  dibahas pula aspek hukum kesehatan yang terdiri dari pidana, perdata, dan administrasi.

Selain menghadirkan pakar hukum kesehatan dari kementerian, acara sosialisasi juga diisi paparan materi dari narasumber internal rumah sakit, diantaranya:

  1. Peran Komite Etik dan Hukum dalam Pencegahan dan Penanganan Masalah Etik Profesi Pegawai oleh dr. Liliefna Anthony Yonathan, MH
  2. Peran Komite Medik dalam Pencegahan dan Penanganan Sengketa Medis oleh dr. Nindita Pinastikasari, Sp.KJ
  3. Sosialisasi dan Implementasi PP No 53 tahun 2010 mengenai Disiplin Pegawai Negeri Sipil di lingkungan RSJRW oleh Anang Nurwiyono, M.Kep, Sp.KJ

Tenaga kesehatan dalam melakukan tugasnya memiliki peran penting dalam menentukan mutu layanan kesehatan yang diterima oleh masyarakat, maka sudah sepantasnya tugas yang dilaksanakan mendapatkan perlindungan hukum yang layak. Diharapkan usai mendapatkan sosialisasi ini tenaga kesehatan sebagai aset penting milik rumah sakit dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan etik profesinya masing-masing (asw hukormas rsjrw 0341 426015).

 

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials