Detail

Blog Image

JALIN KOORDINASI LINTAS SEKTORAL WUJUDKAN DESA EX-ODGJ YANG BERDAYA GUNA

Memberikan pelayanan kesehatan secara holistik bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bukanlah proses yang sederhana. Upaya pelayanan mulai dari memberikan penyuluhan untuk pencegahan, pelayanan terapi, hingga menyiapkan ex-ODGJ untuk kembali menjadi anggota masyarakat yang bermartabat dan berdaya guna. Sebagai penyedia layanan kesehatan khusus jiwa RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) senantiasa berupaya memberikan pelayanan holistik dengan menggandeng berbagai institusi lintas sektoral untuk mewujudkan pelayanan kesehatan jiwa yang menyeluruh.     

                Salah satu fase penting dalam proses penyembuhan ODGJ adalah saat mereka dinyatakan memiliki kondisi kejiwaan yang stabil dan siap kembali di tengah-tengah masyarakat. Kondisi masyarakat saat ini tidak dapat dipungkiri masih memiliki stigma negatif atau memberikan pelabelan pada mantan penderita gangguan jiwa atau ex-ODGJ. Mereka kerap dianggap sebagai anggota masyarakat yang berbahaya, tidak berguna, dikucilkan, dan bahkan kerap mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari anggota masyarakat lainnya. 

                Menyikapi permasalahan tersebut RSJRW bekerjasama dengan berbagai instansi terkait untuk memberdayakan ex-ODGJ di Desa Wonorejo Kabupaten Malang. Desa Wonorejo adalah Desa Siaga Sehat Jiwa hasil binaan RSJRW. Desa Wonorejo dipilih menjadi pilot project pembangunan Desa  Siaga Sehat Jiwa karena di desa tersebut terdapat puluhan ex-ODGJ yang kembali menjalani kehidupan mereka di tengah-tengah masyarakat. Untuk mengembalikan kepercayaan diri dan martabat ex-ODGJ dilatih berbagai keterampilan agar mereka dapat berdaya guna dan memiliki kemandirian ekonomi.

                Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan ex-ODGJ Senin 6 Agustus 2018 telah dicanangkan Program Hibah Bina Desa. Program tersebut diinisiasi oleh BEM Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang bekerjasama dengan RSJRW dan didukung oleh Dinas Sosial Kabupaten Malang, Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Pemerintah Kecamatan Singosari, Pemerintah Desa Wonorejo, dan Puskesmas Ardimulyo

                Program Hibah Bina Desa akan dilaksanakan mulai dari 6 Agustus – 7 Oktober 2018 mendatang. Melalui program ini ex-ODGJ akan dilatih dan difasilitasi untuk membuat kerajinan sandal khusus bertemakan kesehatan jiwa. Untuk mempermudah proses produksi ex-ODGJ Desa Wonorejo juga mendapatkan hibah alat pemotong sandal dan mendapatkan pelatihan khusus pembuatan sandal dari pengrajin profesional.

Rangkaian kegiatan Hibah Bina Desa antara lain :

  1. Sosialisasi Pengenalan Program Hibah Bina Desa serta pemeriksaan kesehatan gratis pada 6 Agustus 2018
  2. Pelatihan Gawat Darurat Gangguan Jiwa pada 27 Agustus 2018
  3. Pelatihan Pembuatan Program Bermain ODGJ pada posyandu jiwa pada 5 September 2018
  4. Pelatihan Pembuatan Sandal bagi kader ODGJ dan ex-ODGJ pada 11 dan 19 September 2018
  5. Pelatihan Manajemen Organisasi dan Pemasaran pada 2 Oktober 2018
  6. Kampanye pengenalan desa peduli ODGJ terhadap masyarakat luas untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental pada 7 Oktober 2018

 

  • hukormas pkrs rsjrw 0341 425015 -

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials