Detail

Blog Image

Parasit Glugea Ikan Tak Berbahaya

Ayu Bulan Febry K D, SKM, MM

 

Beberapa waktu lalu beredar pesan via  WhatsApp (WA) bahwa ada ikan laut yang mengandung polutan berbentuk seperti telur. Disebutkan pula jika ikan tersebut sampai termakan dapat menyebabkan tumor, kanker dan autisme pada anak lantaran memiliki kandungan racun logam berat.

Apakah pesan tersebut benar adanya? Setelah ditelusuri, rupanya kabar tersebut hoax yang pernah tersebar ada dan kembali beredar di kalangan pengguna media sosial. Selain itu bulatan berukuran 1-18 milimeter (mm) yang berbentuk seperti telur atau kristal dalam perut ikan juga bukan polutan melainkan parasit protozoa Glugea sardinellensis. Parasit Glugea di dalam ikan memang dapat menginfeksi berbagai jenis organ tubuh inang pada ikan. Infeksinya pada usus, hati, otot, dan gonad. Sel ikan yang terinfeksi ini akan dapat menjadi hyperbiotic bila terbentuk xenoma yang menyerupai tumor disertai dengan fragmentasi inti, Selanjutnya sel pada ikan tersebut akan digantikan oleh spora dewasa yang pada akhirnya merusak sel secara total. Sehingga sel sepenuhnya akan terisi oleh spora membentuk cysta yang besar. Meskipun demikian kondisi yang dialami ikan ini tidak memiliki pengaruh terhadap manusia walau dikonsumsi. Dipastikan tidak menyebabkan tumor kanker. Mayoritas penyakit kanker kulit pada manusia diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Sedangkan kanker yang diakibatkan oleh pencemaran di air pada umumnya diakibatkan dari bahan radioaktiv bukan logam berat. Kembali lagi pada parasit protozoa Glugea sardinellensis yang terdapar di dalam tubuh ikan tidak berbahaya bagi manusia. Dampaknya hanya sampai pada ikan tersebut.

Sehingga masih aman dikonsumsi asal ikan dibersihkan dengan benar dan buang bagian perutnya. Dicuci dengan bersih dan dimasak hingga benar-benar matang.

 

Artikel ini telah di muat pada harian malang post dengan Link :

 https://www.malang-post.com/ragam/fakta/parasit-glugea-ikan-tak-berbahaya

 

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials