Detail

Blog Image

JANGAN MAKAN ROTI SAAT PERUT KOSONG

Ayu Bulan Febry.K.D, SKM, MM

Salah satu akun di Instagram @infokuy baru-baru ini menginformasikan bahwa roti ternyata bisa membuat sistem pencernaan tidak beres. Menurut penjelasan dari akun tersebut, roti ternyata masuk dalam jajaran makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat perut masih dalam keadaan kosong.

Hal ini disebabkan karena roti ternyata bisa mengubah gula dan karbohidrat pada adonan menjadi senyawa karbon serta alkohol yang bersifat asam. Sehingga hal ini dapat meningkatkan jumlah gas dan zat asam pada lambung yang akhirnya mengakibatkan munculnya penyakit maag,

hal tersebut ternyata justru lebih berisiko pada orang yang punya riwayat sakit maag.

Namun, tidak semua roti bisa menyebabkan peningkatkan asam lambung, hanya roti yang menggunakan ragi. Dikarenakan Ragi memberi bau, tekstur yang khas pada roti, membuat roti lembut, lezat dan tahan lebih lama.

Penambahan ragi tersebut dapat menyebabkan terjadinya proses fermentasi. Mikroorganisme pada ragi akan mengubah karbohidrat dan gula pada adonan roti menjadi senyawa karbon dan alkohol yang bersifat asam. Senyawa-senyawa inilah yang bisa menyebabkan peningkatan gas dan zat asam dalam lambung, yang bisa menyebabkan gangguan maag.

Jadi sebaiknya bagi orang yang mempunyai riwayat maag, tidak mengonsumsi roti yang mengandung ragi saat perut kosong. Roti yang tidak mengandung ragi biasanya teksturnya lebih padat seperti bantet tidak mengembang. Roti whole wheat (terbuat dari gandum utuh) juga bisa menyebabkan gangguan lambung karena tinggi serat. Sedangkan syarat diet atau pengaturan makanan untuk penyakit lambung seperti maag adalah rendah serat.

 

Artikel telah di muat di harian Malang Post dengan Link :

https://malang-post.com/ragam/fakta/jangan-makan-roti-saat-perut-kosong

 

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials