Detail

Blog Image

TINGKATKAN KEWASPADAAN HAIs, RSJRW SELENGGARAKAN PELATIHAN PENCEGAHAN DAN PENGEDALIAN INFEKSI

Pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit menjadi salah satu indikator keselamatan pasien di sebuah institusi pelayanan kesehatan. Infeksi yang kerap terjadi di rumah sakit lebih dikenal dengan “Healthcare-associated infections” (HAIs) merupakan komplikasi yang paling sering terjadi. HAI’s menjadi permasalahan serius di rumah sakit karena dapat mengancam keselamatan pasien atau menimbulkan kerugian bagi pasien karena harus mendapatkan perawatan lebih lama akibat infeksi. Menyikapi hal tersebut sebagai salah satu institusi pelayanan kesehatan yang mengedepankan keselamatan pasien, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) berupaya terus meningkatkan kepatuhan, pemahaman, dan kewaspadaan seluruh civitas hospitalia terhadap bahaya terjadinya HAI’s di rumah sakit.

                Rumah Sakit melalui Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) mengawal upaya pengurangan angka infeksi melalui pelatihan yang rutin dilakukan secara berkala. Pada tahun 2018 in house trainning “Pencegahan dan Pengendalian Infeksi” dijadwalkan akan dilakukan dalam 10 gelombang yang melibatkan seluruh civitas hospitalia RSJRW. Gelombang pertama pelatihan telah dilakukan pada Jumat 6 Juli 2018 yang lalu, gelombang pertama menjadi proyek percontohan dimana seluruh pesertanya adalah IPCLN (Infections Prevention and Control Link Nurse), Jajaran Direksi, dan Pejabat Struktural. Seluruh peserta pada gelombang pertama diharapkan dapat menjadi contoh sekaligus menjadi penggerak budaya pencegahan dan pengendalian infeksi.

                Beberapa materi yang disampaikan pada pelatihan antara lain:

  1. Kebijakan Kemenkes tentang PPI sesuai dengan SNARS edisi 1, CSSD dan Laundry oleh praktisi PPI dari RS Jantung Harapan Kita, Wardanella Yunus CVRN, SKM, MM
  2. Program PPI di RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang dan Surveilan oleh praktisi PPI dari RSKO Jakarta, Dur Akmal S.Kep Ners
  3. Program Pengendalian Resistensi Antibiotika oleh narasumber internal dr. Rahmi Rusanti Sp.PK

 

                Diharapkan usai pelatihan seluruh civitas hospitalia dapat meningkatkan pemahaman dan kepatuhan terhadap pencegahan dan pengendalian infeksi, sehingga indikator keselamatan pasien dapat meningkat dengan penurunan angka infeksi di rumah sakit (asw).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials