Detail

Blog Image

DEMENTIA CARE SKILL TRAINING

Angka harapan hidup di Indonesia dari tahun  ke tahun semakin tinggi. Dikutip dari detik heath “Pada tahun 2010 angka harapan hidup di Indonesia 69,81 tahun. Sementara pada tahun 2016, angkanya naik jadi 70,90 tahun," ungkap Ardhiantie  Direktorat Kesehatan dan Gizi Masyarakat, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Peningkatan angka harapan hidup tentu diiringi dengan semakin banyak pula individu yang berada di kelompok umur lanjut usia (lansia).

                Meningkatnya jumlah lansia dikhawatirkan turut menambah besarnya kasus-kasus degeneratif. Salah satu kasus degeneratif yang kerap menghantui kehidupan lansia adalah Demensia yang lebih dikenal masyarakat sebagai penyakit pikun. Demensia dapat didefinisikan sebagai sekumpulan gejala yang disebabkan oleh penyakit tertentu yang menimbulkan penurunan bertahap pada fungsi otak individu sehingga mengganggu kemampuannya dalam fungsi sehari-hari.

                Fenomena di masyarakat saat ini pemahaman demensia di masyarakat masih minim, demensia dianggap sebagai fenomena wajar saat seseorang memasuki fase lansia. Fenomena tersebut menggugah kepedulian civitas hospitalia RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) untuk memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai pencegahan dan penanganan lansia melalui kegiatan Training of Trainer “Keterampilan Merawat Orang Dengan Demensia (ODD)”. Kegiatan tersebut sebagai wujud komitmen rumah sakit dalam mencapai visi organisasi “ Menjadi Rumah Sakit Unggulan Nasional Psikogeriatri pada tahun 2019”

                Pelatihan tersebut melibatkan 34 calon trainer yang berasal dari tim multidisipliner, diantaranya: Psikiater, Dokter Umum, Psikolog, Perawat, Fisioterapis, Apoteker, Terapi Wicara, Nutrisionis, dan Okupasi Terapis. Pelatihan tersebut menggunakan modul yang dikembangkan oleh Alzheimer Disease International (ADI).  Lead Trainer Asia Pasific ADI dr. Yuniar Sp.KJ (K) yang menjadi salah satu trainer dalam pelatihan, menjelaskan bahwa saat ini jumlah trainer untuk merawat atau melatih para pendamping ODD masih sangat sedikit. Dengan banyaknya kasus demensia saat ini dibutuhkan ribuan trainer untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Kebutuhan tersebut diperkuat dengan salah satu standar dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) yang mensyaratkan pelayanan Psikogeriatri  pada setiap rumah sakit.

                Pelatihan dilaksanakan pada 24-26 Mei 2018 yang lalu, dalam pelatihan tersebut disampaikan 6 modul Keterampilan Merawat Orang Dengan Demensia diantaranya:

  • Modul 1 – Penyebab Demensia oleh dr. Yuniar Sp.KJ (K)
  • Modul 2 – Dampak Demensia, Perawatan yang berpusat pada individu (person-centered care) oleh dr. Yuniar Sp.KJ (K)
  • Modul 3 – Komunikasi Efektif oleh dr. Anna Purnamasari Sp.KJ
  • Modul 4 – Gejala Perilaku dan Psikologis dari Demensia oleh dr. Yuniar Sp.KJ (K)
  • Modul 5 – Keterlibatan Terarah dan Bermakna oleh dr. Yuniar Sp.KJ (K)
  • Modul 6 – Penerapan dalam Praktek Perawatan oleh dr. Anna Purnamasari Sp.KJ

-asw-

Sumber:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/3841352/angka-harapan-hidup-indonesia-terus-naik-apa-artinya

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials