Detail

Blog Image

KONSUMSI SAYUR KANGKUNG BIKIN KANTUK

Ayu Bulan Febry K D, SKM,MM

Sebagian orang sering beranggapan setelah makan sayur kangkung, rasanya lemas dan cenderung mengantuk. Bahkan sering dihindari untuk tidak mengkonsumsi  apabila ingin melanjutkan aktivitas sehari-hari. Benarkah anggapan orang akan hal tersebut?

Belum ada uji klinis yang dapat membenarkan anggapan tersebut. Tetapi memang kangkung mengandung unsur sedative, artinya bisa membuat orang yang mengkonsumsinya merasa tenang dan menurunkan ketegangan. Hal ini karena adanya kandungan kalium di dalamnya.

Dimana kalium tersebut selain bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tekanan darah juga zat gizi yang baik untuk mengatasi stres dan cemas. Dan terkait langsung dengan syaraf otak yang menimbulkan efek menenangkan.

Mungkin ini yang membuat timbul rasa kantuk. Tapi ini sebenarnya belum menjadi alasan yang tepat karena tingkat respon sedative tiap orang beda – beda.

Kangkung sebenarnya  memiliki banyak manfaat positif. Diantaranya mengandung antioksidan yaitu Vitamin A dan C yang baik untuk daya tahan tubuh dan menangkal radika bebas. Lalu kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia. Kemudian tinggi serat baik untuk pencernaan dan menurunkan kolestrol.  Bahkan ada penelitian yang menyebutkan dapat sebagai anti diabetes karena kandungan senyawa aktifnya yaitu flavonoid, alkaloid, dan polifenol.

Tetapi jangan mengkonsumsi kangkung  terlalu berlebihan. Apalagi bila orang tersebut memiliki riwayat asam urat. Kandungan purin dalam kangkung cukup tinggi. Sekitar 289 mg per 100 gram kangkung.  Amannya adalah 50 - 100 gram per hari.

Artikel ini telah dimuat diharian Malang Post, dengan link :

https://www.malang-post.com/ragam/fakta/konsumsi-sayur-kangkung-bikin-kantuk

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials