Detail

Blog Image

RSJRW TINGKATKAN KAPASITAS PELAYANAN PUBLIK MELALUI PELATIHAN “SERVICE EXCELLENCE”

Service Excellence, istilah yang sering didengar pada bisnis hotel, pariwisata dan bank. Hal tersebut menjadi poin penting dalam sebuah kualitas pelayanan karena memberikan efek yang luar biasa pada pelanggan. Tidak hanya dalam bisnis hospitality, saat ini  “Service Excellence” berlaku dalam berbagai jenis layanan baik produk maupun jasa. Saat ini dinamika persaingan penyedia layanan kesehatan semakin ketat, rumah sakit berlomba-lomba memberikan pelayanan “lebih” untuk memenangkan hati pelanggan. Kondisi masyarakat yang semakin kritis menuntut pelayanan yang prima.  Sering kali masyarakat ke rumah sakit tidak hanya ingin berobat, namun juga menginginkan fasilitas lebih dengan pelayanan ekstra.

            Menyadari fenomena tersebut, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pelayanan melalui berbagai pelatihan. Sebagai rumah sakit dengan total SDM lebih dari 800 karyawan, tidak mudah untuk menerapkan pelayanan prima, staf dengan latar belakang profesi, pendidikan dan karakter memiliki persepi masing-masing mengenai pelayanan prima. Untuk itu pelaksanaan pelatihan Service Excellence pada 2-3 Mei 2018 dapat menjadi solusi untuk menyamakan persepsi bentuk pelayanan terbaik kepadan pelanggan, sekaligus meningkatkan kompetensi karyawan yang berhadapan langsung dengan pelanggan.

            Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Administrasi Umum, Dra. Latifah, Apt, M.Kes dan diikuti oleh 49 peserta yang terdiri dari pejabat struktural, tenaga frontliner (satuan pengamanan, customer service, operator telepon, tenaga admisi), perawat, dokter, dan tenaga lainnya yang bersentuhan langsung dengan pelanggan. Hari pertama pelatihan disii dengan paparan materi dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Pada sambutannya Drg. Widyawati, MKM, Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat, Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat menyampaikan sebagai rumah sakit pemerintah sebuah tantangan tersendiri untuk menciptakan kualitas layanan seperti di rumah sakit swasta. Bagaimana pelayanan publik rumah sakit pemerintah tidak kalah atau bahkan lebih baik dari rumah sakit swasta atau istilahnya “rumah sakit plat merah rasa swasta”.

Pada pelatihan hari pertama beberapa materi yang disampaikan antara lain

  1. Pelayanan Prima dalam Rangka Peningkatan Kualitas Layanan oleh Drg. Widyawati, MKM, Kepala Bagian Pelayanan Masyarakat, Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
  2. Komunikasi Mengubah Keluhan Menjadi Kepuasan dan Kerjasama Unit Kerja untuk Ciptakan Layanan Prima oleh Prawito, SKM, MM, Kasubbag Pengaduan Masyarakat, Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat.

Berbeda dengan pelatihan hari pertama yang berisi teori pelaksanaan pelayanan prima di rumah sakit, pada hari kedua peserta pelatihan diajak untuk langsung mempraktekan langkah-langkah pelayanan prima bersama praktisi Service Excellence Restu Asri Riandini Direktur Berlian Personal Development and Appearance Consultant. Mulai dari cara  berkomunikasi, cara berpenampilan hingga cara merias diri agar tampil lebih menarik dihadapan pelanggan. Pelatihan ini disambut antusias oleh seluruh peserta, diharapkan pelatihan serupa bisa menjadi agenda tahunan agar kualitas pelayanan dapat semakin meningkat sehingga RSJRW tetap menjadi rumah sakit pilihan utama masyarakat (asw hukormas rsjrw 0341 426015).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials