Detail

Blog Image

SEMINAR PENGARUH GADGET PADA POSTUR DAN PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kini berkembang semakin pesat, berbagai kemudahan telah dirasakan oleh masyarakat. Tampilan audio visual yang menarik didukung dengan pertukaran informasi yang berlangsung begitu cepat dapat memangkas jarak dan waktu yang sebelumnya menjadi penghalang proses komunikasi. Salah satu produk perkembangan teknologi yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat adalah gawai (gadget). Mulai dari smartphone, tablet, laptop dan perangkat canggih lainnya. Pengguna gadget-pun bervariasi mulai dari bayi hingga lansia. Pesatnya perkembangan teknologi bagai dua mata pisau, di satu sisi perkembangan tersebut sangat membantu kehidupan, namun bila tidak digunakan dengan bijak akan menjadi bumerang bagi penggunanya. Meski memiliki banyak dampak positif, namun teknologi informasi dan komunikasi tetap memiliki dampak negatif. Kebanyakan dampak tersebut disebabkan karena penyalahgunaan yang disebabkan karena kurangnya pemahaman penggunaan dan dampak pemakaian yang berlebihan.

                Kini fenomena dampak negatif teknologi informasi dan komunikasi yang mengancam kelangsungan masa depan generasi penerus bangsa adalah fenomena kecanduan gagdet pada anak dibawah umur. Fenomena tersebut memicu keprihatinan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW), melalui  Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit bekerjasama dengan Klinik Fisioterapi menyelenggarakan Seminar “Pengaruh Gadget Pada Postur dan Motorik Terhadap Masa Depan Anak” pada 28 April 2018 yang lalu. Bertempat di Operation Room, seminar dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Keperawatan Ibu Susisati, SST. Seminar diikuti oleh 42 peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang profesi, mulai dari Ibu Rumah Tangga, Perawat, Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Guru TK, Guru SD, Bidan, Perawat hingga Mahasiswa.

                Pada kesempatan tersebut peserta menerima paparan materi mengenai “Pengaruh Gadget Pada Postur dan Masa Depan Anak” oleh praktisi Fisioterapi Bapak Tugiyo, SST.FT dan “Pengaruh Digital Screen Media terhadap Perkembangan Motorik Anak” oleh praktisi Okupasi Terapi, Ibu Anggita Jayasari Hadiyanti, Amd.OT. Secara garis besar disampaikan bahwa hindari paparan gadget pada anak di usia yang terlalu dini, pemakaian gadget harus dalam pengawasan orang tua. Dibutuhkan komitmen yang kuat dari orang tua untuk membatasi paparan gadget pada anak, gadget sering kali digunakakan sebagai penangkal saat anak rewel. Perbanyak aktivitas fisik bersama anak untuk mengurangi kecanduan anak terhadap gadget, sekaligus melatih kemampuan motorik anak. Paparan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan yang berakibat fatal bagi masa depan anak. Beberapa gangguan tumbuh kembang yang dapat dialami oleh anak yang kecanduan gadget antara lain, gangguan perkembangan motorik dan gangguan postur tubuh yang dapat menjadi gangguan permanen saat anak beranjak dewasa.

                Peran orang tua sangat besar terhadap kesuksesan anak di masa yang akan datang. Diharapkan usai seminar, peserta dapat memahami dampak negatif penggunaan gadget yang berlebihan serta dapat mengatur penggunaan gadget pada anak dengan bijak (hukormas pkrs rsjrw 0341 426015).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials