Detail

Blog Image

RSJRW TINGKATKAN KOMPETENSI SDM MELALUI PELATIHAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN

Pemberitaan pelayanan kesehatan yang buruk dan tuntutan atas tindakan mal praktek yang yang terjadi di layanan kesehatan menjadi mimpi buruk bagi setiap rumah sakit. Kemajuan teknologi dan kondisi masyarakat yang semakin kritis akan pelayanan kesehatan menjadikan rumah sakit berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik berorientasi pada keselamatan pasien. Tidak terkecuali bagi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW), berbagai standar pelayanan yang mengedepankan keselamatan pasien dan kepuasan pelanggan telah ditetapkan. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi dan jenis layanan upaya peningkatan kualitas pelayananpun turut ditingkatkan.  Salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan di lingkungan instansi kesehatan adalah dengan menerapkan ISO 9001:2015 sebuah standar manajemen mutu yang telah diakui secara internasional.

Penerapan manajemen mutu ISO 9001:2015 di RSJRW menjadi salah satu cara agar setiap profesi yang terlibat dalam pelayanan kesehatan, seperti dokter, perawat, tenaga kesehatan dan tenaga penunjang lainnya dapat memenuhi standar pelayanan yang ditetapkan agar proses pelayanan dapat  berjalan efektif dan efisien. ISO 9001:2015 merupakan standar yang baru diterapkan di RSJRW, versi tersebut menjadi pengganti ISO 9001:2008 yang diterapkan sebelumnya.  Pada 18-19 April 2018 yang lalu RSJRW melalui Komite Mutu dan Keselamatan Pasien menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien yang diikuti oleh 72 peserta yang terdiri dari Jajaran Direksi, pimpinan unit kerja dan auditor internal. Pelatihan tersebut terselenggara dengan tujuan sebagai media edukasi dan internalisasi penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015.

Bertindak sebagai narasumber Bapak Widiyanto S.Si dari PT. Global Reliansi Indonesia.  Pelatihan dibuka secara resmi oleh Direktur Medik dan Keperawatan, dr. Yuniar Sp.KJ. Secara garis besar penerapan ISO 9001:2015 memberikan pedoman layanan mulai dari sistem perencanaan, pelaksanaan, pemeriksaan, serta tindakan pencegahan dan analisis perbaikan masalah yang telah terjadi. Diharapkan usai menjalani pelatihan ini segenap civitas hospitalia RSJRW mampu menjalankan tugas sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Instansi dapat meminimalisir terjadinya resiko kesalahan dalam pelayanan,  sehingga kepuasan dan kepercayaan masyarakat akan pelayanan RSJRW semakin meningkat (asw hukormas rsjrw 0341 426015 ext 1154).  

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials