Detail

Blog Image

Nasi Kemarin Turunkan Kadar Gula

Ayu Bulan Febry K D, SKM, MM

 

Sebagian masyarakat Indonesia masih memercayai jika nasi kemarin lebih baik dikonsumsi penderita diabetes. Pasalnya, banyak yang menilai bahwa nasi kemarin memiliki kandungan gula yang lebih rendah dari nasi yang baru ditanak. 

Nasi yang baru ditanak dengan nasi kemarin atau nasi yang sudah didiamkan memiliki kandungan yang sama , sebab kandungan beras mau sudah jadi nasi atau didiamkan itu memiliki gula yang sama. Justru penderita diabetes seharusnya mengurangi mengonsumsi nasi karena kadar glukosanya tinggi, sehingga bagi penderita diabetes dianjurkan agar  mengonsumsi roti yang berbahan baku gandum atau mengkonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Kentang dapat dikukus atau dipanggang tanpa mengupas kulitnya. Itu justru cepat menurunkan kolestrol dan gula darah karena memiliki kadar serat lebih tinggi.

Dari segi pengolahan makanan, hal ini tergantung dari penderita diabetes masing-masing. Maka penting diperhatikan, jika penderita memiliki komplikasi lain, seperti penyakit jantung, kolestrol, dan hipertensi. Misalnya pada penderita diabetes dan hipertensi, pengaturan garam harus rendah. 

Berprinsip dari tiga pilar utama, yakni tepat jenis, tepat jumlah dan tepat waktu. Pada penderita diabetes untuk memperhatikan pola makan dengan sistem porsi kecil tapi sering meliputi tiga kali makan utama dan tiga kali snack. 

Pola makannya diperhatikan setiap interval tiga jam. Jam enam pagi makan utama, jam sembilan snack, begitu seterusnya hingga jam enam sore makan utama yang terakhir. Jangan lupa teratur minum obat dan olahraga yang rajin selama 30 menit setiap hari.

Salam Sehat,,,,

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials