Detail

Blog Image

Berat Badan Picu Haid Lebih Cepat

Ayu Bulan Febry K D, SKM, MM

 

SAAT usia berapa Anda pertama kali haid?

Belakangan ini banyak dijumpai anak SD sudah mengalami haid, padahal bila diamati lebih jauh dahulu haid pertama kali baru dialami saat usia remaja.

Apakah Anda tahu berat badan bisa memicu haid datang lebih cepat dari usia seharusnya?

Salah satu penelitian menyebutkan gizi berlebih atau obesitas akan mempercepat terjadinya haid. Berat badan sangat berkaitan dengan masa datangnya haid. Anak yang memiliki status gizi overweight lebih cepat mengalami haid dibandingkan dengan anak yang berstatus gizi normal dan underweight. Menurut jurnal, status gizi berpengaruh terhadap tingkat kematangan seksual sehingga berdampak pada umur menstruasi.

 

Pada umumnya perempuan dengan kematangan seksual lebih dini akan memiliki berat badan yang lebih tinggi dan perempuan dengan kematangan seksual terlambat memiliki berat badan lebih kecil pada usia yang sama.

Hal ini disebabkan karena berat badan yang tinggi atau status gizi cenderung lebih atau overweight sering dihubungkan dengan paparan hormon estrogen dan progesteron yang tinggi sebagai akibat pola konsumsi makanan berlemak tinggi.

Maka upaya menjaga asupan gizi yang baik pada anak perempuan adalah hal yang penting.

 

Asupan gizi yang baik akan berpengaruh terhadap kejadian menstruasi karena pengaruh dari zat-zat yang dikonsumsi setiap hari, terutama karbohidrat, protein, dan lemak. Status gizi yang baik akan membuat pertumbuhan seorang anak menjadi sesuai dengan yang seharusnya atau dalam kategori normal.
Selain itu, berat badan yang berlebihan dapat memicu haid datang lebih awal, karena lemak tubuh mengirim sinyal ke otak untuk meningkatkan terjadinya haid. Kemudian minimnya aktivitas fisik yang dilakukan anak-anak turut mendorong haid datang lebih awal. 

 

Untuk orangtua jangan lagi menyuruh anaknya menjadi gemuk, karena gemuk bukan menjadi tolak ukur seseorang itu sehat. Terutama para orangtua yang membiarkan anak-anaknya mengkonsumsi fast food.

 

Salam sehat,,,,

Artikel ini telah di muat di harian : https://www.malang-post.com/ragam/fakta/berat-badan-picu-haid-lebih-cepat

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials