Detail

Blog Image

RSJRW MENYIKAPI ISU ODGJ SEBAGAI PELAKU PENYERANGAN KEPADA TOKOH AGAMA DI MALANG

Marak isu penyerangan tokoh agama yang disinyalir dilakukan oleh Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan beredarnya berita Hoax serta ujaran kebencian dengan tujuan untuk mengganggu kerukunan dan ketertiban mulai meresahkan masyarakat. Sebagai penyedia layanan khusus jiwa, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) menaruh perhatian serius terhadap fenomena yang mengusik kerukunan umat beragama sekaligus mengancam keselamatan ODGJ yang tidak mendapatkan perlindungan dari keluarga maupun dinas terkait. RSJRW aktif melakukan penjajakan dengan berbagai dinas terkait untuk bersama menentukan strategi untuk mengatasi fenomena  tersebut.  Selasa 13 Maret yang lalu RSJRW menghadiri undangan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka HARKAMTIBNAS dengan tema Antisipasi Intoleransi dan Radikalisme, Menangkal Isu, Hoax dan Teror kepada Ulama yang diselenggarakan oleh Polres Malang.

Dipimpin oleh Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung kegiatan tersebut diikuti oleh berbagai elemen masyarakat yang memegang peran penting dalam menangani isu –isu intoleransi, radikalisme, hoax dan penanganan ODGJ yang terlantar. Pada pertemuan tersebut sebagai upaya penanganan isu penyerangan ulama yang dilakukan oleh ODGJ, telah disepakati akan dilaksanakan pertemuan lanjutan untuk membahas kerjasama beberapa dinas terkait seperti kepolisian, dinas kesehatan, dinas sosial dan RSJRW. Direktur Keuangan dan Administrasi Umum RSJRW, NS Hidayati Rini SE, Ak, MMRS yang turut menghadiri pertemuan tersebut menyampaikan bahwa RSJRW siap bekerjasama dan menerima dengan tangan terbuka setiap ODGJ. Namun dalam pelaksanaannya harus dipastikan terlebih dahulu kelengkapan administrasi untuk mempermudah proses rehabilitasi.  Dibutuhkan kerjasama lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan ODGJ dapat tertangani dengan baik dan tidak kembali terlantar usai menjalani rehabilitasi. 

Diharapkan pertemuan tersebut menjadi titik terang penyelesaian isu intoleransi dan radikalisme di Malang, sekaligus menjadi media yang kembali mempererat tali silaturahmi dan kerukunan umat beragama (asw hukormas rsjrw 0341 426015 ext 1154).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials