Detail

Blog Image

HOAX VIDEO IKAN PLASTIK

Ayu Bulan Febry KD, AMG, SKM, MM

 

BELAKANGAN ini, di media sosial Facebook digegerkan dengan video yang memperhatikan potongan-potongan ikan yang diduga terbuat dari plastik. Video yang berdurasi 1 menit 50 detik tersebut disertai dengan narasi berbahasa Inggris yang menerangkan bahwa ada distribusi ikan plastik ke beberapa restoran. 

Kemudian, video tersebut juga menerangkan bahwa makanan tersebut berbahaya. Namun, ternyata hal tersebut tidak benar. Pada video tersebut, tidak dijelaskan secara signifikan tentang jenis ikan dan lokasi perekamannya. 

Setelah ditelaah secara jeli, video tersebut bukanlah video yang merekam tentang ikan plastik. Tapi, video tersebut merupakan potongan-potongan ikan yang mengalami freezer burn, yaitu kondisi makanan yang rusak karena oksidasi dan dehidrasi. 

 

Freezer burn adalah keadaan dimana makanan mengkristal atau muncul bintik-bintik es pada permukaan makanan. Kondisi tersebut seringkali terjadi pada daging merah dan ikan. Namun, ketika dikonsumsi, tidak mengganggu kesehatan dan hanya mengalami tekstur bahan makanan akan lebih kering.

 

Makanan yang terkena freezer burn masih aman untuk dikonsumsi. Hanya saja, permukaan akan berubah menjadi kering. Bahkan, ikan  yang mengalami freezer burn, jika dimasukkan ke dalam air dalam jangka waktu cukup lama, ikan yang kering bisa menyerap air dan bisa menyerupai busa. 

“Freezer burn hanya menurunkan kualitas bahan makanan. Tapi, masih aman dikonsumsi asal sesuai dengan jangka waktu penyimpanan di freezer.

Treatment sebelum penyimpanan makanan juga harus diperhatikan, antara lain dengan cara :  dicuci yg bersih, dibungkus rapat dan lebih bagus lagi di vakum dulu. Dalam menyimpan makanan, jangan lupa menggunakan prinsip FIFO (First In, First Out) dengan cara dilabeli dengan tanggal bahan makanan yang masuk ke freezer.

Artikel ini telah di muat pada hari Malang Post dengan Link :

https://malang-post.com/ragam/fakta/hoax-video-ikan-plastik

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials