Detail

Blog Image

SIMRS RSJRW MENJADI TUJUAN BELAJAR BAGI RS LAIN

Salah satu bentuk optimalisasi teknologi informasi dalam pelayanan kesehatan di lingkungan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang  (RSJRW) diwujudkan dengan sistem pencatatan dokumen medis pasien berbasis aplikasi. Sebagian besar dokumen medis pasien mulai datang hingga pulang baik rawat inap maupun rawat jalan kini tidak lagi dicatat pada kertas karena telah terintegrasi dalam aplikasi berbasis website SIMRS. Aplikasi tersebut mengintegrasikan dokumen medis dengan berbagai unit terkait seperti peresepan obat hingga billing sistem.  Sejak awal 2017 yang lalu SIMRS telah berjalan optimal di RSJRW. Berbeda dengan RS lain yang umumnya membeli aplikasi dari pihak ketiga, RSJRW membuat aplikasi tersebut secara mandiri dengan mengoptimalkan kemampuan SDM yang ada.

Proses pembuatan  dan pengembangan SIMRS tentu bukanlah proses yang mudah, berbagai percobaan dan kegagalan kerap dialami namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat untuk terus mengembangkan SIMRS. Proses perubahan dari pencatatan yang terbiasa menggunakan kertas beralih menggunakan aplikasi juga menjadi tantangan tersendiri. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk meyakinkan dan menyatukan persepsi pengisian dokumen medis pasien. Segala proses yang telah dilalui berbuah manis, kini keberhasilan aplikasi SIMRS RSJRW menjadi perhatian dan rujukan belajar bagi RS lain yang sedang melakukan peralihan dari sistem manual menuju sistem berbasis teknologi informasi.

Selasa 9 Januari 2018 yang lalu, RSJRW menerima kunjungan studi banding dari 4 rumah sakit dibawah naungan yayasan Gereja Jawi Wetan yakni, RS Marsudi Waluya Malang, RS Reksa Waluya Mojokerto, RS Griya Waluyo Ponorogo dan RS Kristen Mojowarno. Peserta studi banding diterima secara resmi oleh Direktur SDM dan Pendidikan, dr. Didit Roesono Sp.KJ.  Pada kesempatan tersebut peserta menerima materi mengenai Elektronik Rekam Medis dari Kepala Instalasi Rekam Medis Bapak Basiun AMd.RM dan Kepala Instalasi Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) Bapak Wahyu Indra Cahyono AMd.Kom. Tidak hanya paparan materi peserta juga mendapatkan kesempatan untuk melihat demo aplikasi SIMRS dan berdiskusi langsung dengan para ahli terkait pengembangan sistem pendokumentasian informasi medis berbasis teknologi informasi. Rangkaian studi banding diakhiri dengan melakukan kunjungan lapangan di Instalasi SIRS dan RM (asw hukormas 0341 426015 ext 1154).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials