Detail

Blog Image

KONSUMSI BAYAM dan TAHU TAK SEBABKAN KISTA

Ayu Bulan Febry KD, AMG, SKM, MM

 

Beredarnya informasi melalui broadcast Whatsapp dan Facebook yang mengatakan jika mengonsumsi bayam dan tahu secara bersamaan bisa memicu penyakit kista. Yakni pada organ reproduksi perempuan. Tentu saja kabar ini membuat masyarakat gusar. Namun apakah informasi tersebut bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya?

Informasi yang sudah tersebar di media sosial tersebut adalah hoax dan belum ada penelitian ataupun jurnal tentang itu.

Tidak ada yang namanya sayur bayam dan tahu jika dikonsumsi secara bersamaan bisa menyebabkan penyakit kista. Seperti pada umumnya penyebab kista sangat jarang berhubungannya dengan kedua makanan yang disebut tadi.
Kista itu banyak penyebab, bisa traumatik, bisa infeksi ataupun kebiasaan kurang sehat seperti merokok,  namun jangan salah, makanan juga bisa menjadi penyebab gangguan organ reproduksi perempuan. Kalau makanan biasanya yang berhubungan dengan junk food atau makanan tidak sehat. Karena kandungan hormon yang sering ditemukan dalam junk food bisa memicu Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS. Selain junk food, penyebab lainnya adalah makanan karsinogenik seperti makanan kaleng dan polusi lingkungan akibat asap pembakaran. Itu karena asap menghasilkan polusi biasanya mengandung zat dioksin.
         Memang bayam dan kacang kedelai merupakan produk utama tahu yang dikenal akan kandungan nitratnya. Tapi jika berlebih mengonsumsi, biasanya akan berdampak mengganggu fungsi hemoglobin dalam tubuh. Tapi tidak menyebabkan kista.

Artikel telah dimuat di harian malang post dengan link :

 

https://www.malang-post.com/ragam/fakta/konsumsi-bayam-dan-tahu-tak-sebabkan-kista

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials