Detail

Blog Image

RSJRW SEGERA BUKA LAYANAN BARU “ELDER CAREGIVER TRAINING CENTER”

Sebagai upaya perkenalan dan pemantapan jenis layanan baru “Elder Caregiver Training Center” RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) menyelenggarakan pelatihan caregiver batch #0 pada 18-30 Desember 2017. Pada sesi pertama ini pelatihan diikuti oleh 9 peserta yang merupakan caregiver profesional dan caregiver keluarga. Caregiver Lansia adalah seseorang yang memiliki profesi mendampingi dan merawat lansia meliputi kebutuhan fisik, medis dan spritual. Caregiver pada masyarakat Indonesia umumnya adalah keluarga dan bersifat non-formal. Namun seiring dengan perkembangan saat ini banyak keluarga yang menyewa jasa caregiver profesional.

Menurut Direktur Medik dan Keperawatan dr. Yuniar Sp.KJ, pembukaan layanan baru “Elder Caregiver Training Center” berangkat dari fenomena banyaknya kebutuhan caregiver di masyarakat sementara keterampilan pelaku caregiver belum terstandar dan tersertifikasi. Saat ini beberapa beberapa tujuan tenaga kerja Indonesia tidak lagi mau menerima tenaga sebagai asisten rumah tangga, mereka mensyaratkan keterampilan tambahan salah satunya sebagai caregiver lansia. Keterampilan yang terstandar dibutuhkan caregiver untuk meningkatkan kualitas hidup lansia. Merawat lansia dengan berbagai gangguan kesehatan yang menyertai, dibutuhkan keterampilan khusus. Setidaknya seorang caregiver harus memenuhi persyaratan diantaranya: Memiliki kemampuan komunikasi yang baik secara verbal maupun non-verbal dan memiliki keterampilan dasar perawatan kebutuhan fisik lansia.

  Di awal tahun 2018 RSJRW akan membuka layanan baru “Elder Caregiver Training Center” dengan tiga tingkatan yakni Beginner, Intermediate dan Advance. Pada masing-masing tingkatan, pelatihan akan berlangsung selama 2 minggu dimana peserta tidak hanya mendapatkan paparan materi namun juga melakukan role play kasus dan praktek langsung bersama pasien di Instalasi Psikogeriatri di bawah pengawasan para ahli. Diharapkan melalui layanan ini para caregiver dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup lansia (asw hukormas 0341 426015 ext 1154).    

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials