Detail

Blog Image

RSJRW SIAP MENJADI PELOPOR TANGGAP GAWAT DARURAT PSIKIATRI

Penanganan kondisi gawat darurat yang tepat dan cepat menjadi kunci keselamatan pasien. Kondisi gawat darurat adalah kondisi dimana terjadi gangguan integritas fisiologis atau psikologis secara mendadak dan dapat mengancam keselamatan. Sebagai penyedia layanan kesehatan khusus jiwa, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) tidak hanya dituntut untuk sigap dan siap menghadapi kondisi kegawat daruratan fisik, namun juga kondisi kegawatdaruratan psikiatri. Kondisi kegawat daruratan psikiatri sama pentingnya dengan kondisi gawat darurat fisik lainnya, penanganan yang cepat dan tepat dapat menyelamatkan pasien dari kondisi yang mengancam keselamatan jiwanya.

Beberapa kondisi gawat darurat psikiatrik meliputi kondisi percobaan bunuh diri, gaduh gelisah, serangan panik, perubahan tingkah laku yang agresif hingga mengganggu kondisi sekitar dan lingkungan. Kondisi gawat darurat psikiatri dapat terjadi di seluruh unit pelayanan, pemahaman mengenai penanganan gawat darurat psikiatri harus dipahami secara holistik oleh seluruh petugas. Untuk meningkatkan pemahaman tata laksana kegawat daruratan psikiatri RSJRW menyelenggarakan pelatihan Kegawat Daruratan Psikiatri pada 13-15 Desember 2017 yang lalu. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Keperawatan Ibu Susiati S. ST, S.Pd dan diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari perwakilan perawat dari Ruang Rawat Inap, Ruang Rawat Jalan, dan IGD. 

Beberapa materi yang disampaikan antara lain Konsep Keperawatan Gawat Darurat Psikiatri, Konsep Keperawatan Intensive Psikiatri, Perilaku Kekerasan, Resiko Suicide, Kedaruratan Psikiatri, Kedaruratan Psikiatri Anak Remaja, Kedaruratan Psikogeriatri dan Kedaruratan Napza. Untuk menajamkan pemahaman peserta, mereka juga dilatih dengan melakukan role play kasus dan praktek di ruangan. Ke depan sebagai langkah tindak lanjut RSJRW akan memiliki tim khusus penanganan gawat darurat psikiatri yang bertanggung jawab menangani kejadian gawat darurat psikiatri dengan memberikan penanganan dan bantuan kepada korban dari awal tempat kejadian, melakukan assessment hingga melakukan transfer menuju IGD atau Ruang Intensive. Seluruh tata laksana penanganan gawat darurat psikiatri akan didokumentasikan dalam bentuk modul yang dapat dijadikan pedoman bagi seluruh petugas. Sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan jiwa unggulan milik pemerintah, RSJRW siap menjadi pelopor penanganan gawat darurat psikiatri di Indonesia (asw hukormas 0341 426015 ext 1154).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials