Detail

Blog Image

ALAT MASAK ALUMUNIUM SEBABKAN ALZHAIMER “ HOAX “

dr. Yuniar, Sp.KJ

 

Belakangan ini, di internet maupun di sosial media, ada pernyataan bahwa peralatan masak yang menggunakan bahan alumunium menghasilkan racun. Bahkan menyebabkan resiko tinggi, yakni penyakit alzhaimer. Namun, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sejauh ini, masih belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Salah satu psikiater khusus demensia, hal tersebut merupakan mitos dan masih belum ada penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut. 

Selama ini, ada peningkatan kadar aluminium pada otak orang dengan alzhaimer. Tapi penyebabnya bukan karena alat masak yang menggunakan alumunium. Hal tersebut masih belum bisa dibuktikan.

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer. Diantaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat, berusia di atas 65 tahun dan memiliki orang tua atau saudara kandung yang sakit Alzheimer. 

Selain itu, bagi orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung serta pernah mengalami luka berat di kepala. Penyakit alzhaimer tersebut bisa diketahui melalui pemeriksaan CT Scan atau MRI.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit Alzheimer. Diantaranya dengan menurunkan risiko terkena penyakit jantung, menjaga berat badan tetap sehat, mengonsumsi makanan sehat dengan rutin berolahraga. Kemudian, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, berhenti merokok, menjaga otak agar tetap aktif bekerja, serta rutin memeriksakan diri ke dokter seiring pertambahan usia.

Artikel sudah di muat pada harian malang post dengan link :

https://www.malang-post.com/ragam/fakta/alat-masak-alumunium-sebabkan-alzhaimer-hoax

 

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials