Detail

Blog Image

RSJRW TINGKATAN KUALITAS REHABILITASI NAPZA MELALUI METODE THERAPEUTIC COMMUNITY

Therapeutic Community (TC) adalah metode rehabilitasi Napza yang diyakini dapat mempercepat proses rehabilitasi para pecandu. Metode ini menggunakan kekuatan residen untuk bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan saling menolong sesama residen. Metode TC mendorong residen untuk mengenal diri sendiri baik dari segi emosional, intelektual, spiritual, perilaku, dan keterampilan. Melalui metode tersebut residen akan mengalami pertumbuhan menjadi pribadi berkarakter kuat dan bertanggung jawab sehingga dapat memberikan pengaruh posistif terhadap lingkungan. Peran rehabilitasi dalam penyembuhan ketergantungan bagi pecandu sangat penting mengingat sulitnya pengguna Napza untuk dapat terlepas dari ketergantungan secara individu. Maka dari itu sistem penguatan kelompok sesama residen dinilai penting dalam percepatan proses rehabilitasi.

Memberikan pelayanan rehabilitasi Napza tentu menjadi tantangan tersendiri bagi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW). Karakter residen Napza yang tidak terprediksi dan kondisi psikologis yang belum siap atau menolak untuk direhabilitasi sering kali menciptakan kondisi yang kurang kondusif pada proses rehabilitasi. Menyikapi permasalahan tersebut RSJRW berupaya untuk meningkatkan kualitas rehabilitasi melalui penguatan metode TC dengan menyelenggarakan pelatihan Rehabilitasi Napza Metode Therapeutic Community pada 28-29 November 2017. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Direktur SDM dan Pendidikan dr. Didit Roesono Sp.KJ dan diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari Dokter Spesialis Jiwa, Psikolog, Perawat dan Peer Konselor.

Bertindak sebagai narasumber praktisi rehabilitasi Napza dr. Mona Tri Rizki dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) dan Konselor Adiksi Gigih  Eka Setiagung memberikan materi penguatan metode TC untuk dapat diaplikasikan di pelayanan Rehabilitasi Napza RSJRW. Beberapa metode pelatihan yang diberikan selain paparan materi adalah diskusi, role play dan contoh aplikasi metode TC di lapangan. Diharapkan dengan pelatihan ini pemahaman dan pengetahuan tenaga kesehatan RSJRW mengenai penggunaan metode TC dapat meningkat sehingga pelaksanaan rehabilitasi residen dapat berjalan optimal (asw hukormas rsjrw 0341 426015 ext 1154).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials