Detail

Blog Image

PARTISIPASI RSJ Dr. RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG DALAM KIRAB BUDAYA AGUNG KABUPATEN MALANG

Merajut Waktu Menyongsong Masa Depan menjadi tema yang diusung oleh Tim RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) dalampartisipasi acara Kirab Budaya Agung Kabupaten Malang Sabtu 19 November 2016. Tema tersebut mengandung makna filosofis bahwa dalam kaitannya dengan dunia kesehatan jiwa, pengetahuan yang cukup mengenai kesehatan jiwa dari waktu ke waktu akan memberikan gambaran utuh dan diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan dan penanganan kesehatan jiwa di masyarakat. Saat ini informasi mengenai kesehatan jiwadianggap tidak penting bahkan cenderung diabaikan. Melalui kegiatan Kirab Budaya diharapkan masyarakat khususnya Malang Raya semakin mengenal kesehatan jiwa. Beberapa informasi yang disampaikan saat kirab meliputi penyebab gangguan jiwa, cara mengenali dan mengidentifikasi gejala gangguan jiwa pada umumnya.

Pada kesempatan yang sama juga dikenalkan kepada masyarakat Museum Kesehatan Jiwa RSJRW, yang menjadi museum kesehatan jiwa pertama dan satu-satunya di Indonesia. Museum Keswa RSJRW dapat menjadi media pembelajaran dan perkembangan sejarah teknologi kedokteran kesehatan jiwa. Museum memiliki koleksi dokumentasi, dokumen penelitian, referensi perawatan pasien dengan gagguan jiwa dan alat penanganan pasien dari jaman Belanda. Di Museum ini pengunjung akan mendapatkan informasi sejarah perkembangan dunia kesehatan jiwa dari masa ke masa.

Secara umum acara Kirab Budaya Agung Kabupaten Malang berjalan dengan lancar, tim yang terdiri dari Nuryani, S.Psi, Hari Suprayitno, S.Kep, Subandiono, Trisno Widodo, Mahfud, Muizzul Hidayat, Deni Krisna Setyawan, Ninik Haryani, S.Sos, Nur Asrory, S.ST dan Mardiono berangkat dari Lawang menuju lokasi pukul 06.30. Acara kirab yang berlangsung mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB ini dimeriahkan oleh berbagai tampilan kesenian dari perwakilan instansi dan kelompok masyarakat di Malang Raya. Khusus bagi RSJRW tim menampilkan replika Museum Kesehatan Jiwa yang didekorasi apik sehingga menarik perhatian para pengunjung. Tidak hanya mengikuti pawai namun dalam acara tersebut tim juga membagikan leaflet mengenai Kesehatan Jiwa agar masyarakat yang melihat pawai tidak hanya menikmati kemeriahan namun juga mendapatkan tambahan pengetahuan. Usai melakukan pawai pada Senin 21 November 2016 secara simbolis mobil hias diserahterimakan oleh tim kepada Direksi RSJRW (nuryani/arum).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials