Detail

Blog Image

RSJRW GANDENG DINSOS PROVINSI MENUJU JATIM BEBAS PASUNG 2017

“Bertani mengolah sawah

Tumbuk padi di dalam lesung

Seirama satukan langkah

Demi Jatim Bebas Pasung”

 

Pantun di atas menjadi jargon sekaligus penyemangat bagi segenap civitas hospitalia RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) dan Tim Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur untuk bersama-sama mewujudkan Jawa Timur Bebas Pasung pada tahun 2017. Hingga saat ini penanganan pasung masih menjadi tantangan bagi berbagai pihak terkait, kurangnya pemahaman mengenai kesehatan jiwa, faktor ekonomi dan sikap penolakan keluarga masih sering dihadapi petugas di lapangan. Sebagai tindak lanjut dari permasalahan tersebut pada Kamis 15 Juni 2017, RSJRW bekerjasama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan pertemuan bersama 158 Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) seluruh Jawa Timur sebagai ujung tombak penanganan pasung di lapangan. Acara yang bertajuk “Melangkah Bersama Saling Menguatkan” dihadiri oleh 170 undangan yang terdiri atas Pejabat Dinsos Provinsi Jatim, Dinsos Kab Malang, Dinsos Kota Mojokerto dan TKSK di Kabupaten Kota seluruh Jawa Timur.

                Bertempat di Ruang Arjuno, acara dibuka secara simbolis oleh Direktur Medik dan Keperawatan dr. Yuniar Sp.KJ yang didampingi oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Prov Jawa Timur Arman Linda, S.H, M.Si. Pada sambutannya dr. Yuniar Sp.KJ menyampaikan melalui pertemuan ini diharapkan kendala yang dihadapi di lapangan dapat teratasi melalui penguatan koordinasi lintas sektoral. Lebih jauh ditambahkan bahwa pertemuan ini juga bermaksud meningkatkan pemahaman petugas di lapangan, mengenai penanganan pasung baik pra evakuasi hingga perawatan pasca pasung.  Beberapa materi yang disampaikan pada pertemuan tersebut diantaranya:

  1. Rehabilitasi Psikososial Untuk Pasien Gangguan Jiwa Berat di Komunitas oleh dr. Anna Purnamasari Sugijanti Sp.KJ
  2. Sistem Rujukan RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang oleh Basirun, Amd, SKM.

 

Pada pertemuan tersebut Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim Dr. Sukesi Apt, MARS beserta jajarannya hadir di tengah-tengah TKSK seluruh Jawa Timur untuk memberikan arahan dan semangat kepada para ujung tombak pembebasan pasung.  Pada kesempatan yang sama berbagai kerajinan unik dan menarik karya rehabilitan RSJRW juga turut dipamerkan, hal tersebut diharapkan dapat menginspirasi TKSK dalam pemberdayaan masyarakat korban pasung dan keluarga (hukormas& pkrs rsjrw 0341 426015)

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials