Detail

Blog Image

PERCEPATAN PENANGANAN PASUNG DENGAN PENGUATAN KOORDINASI LINTAS SEKTORAL

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, jumlah pravelensi gangguan jiwa berat di Jawa Timur sebesar 2,2 permil, angka tersebut lebih tinggi dibanding prevalensi nasional sebesar 1,7 permil. Pada tahun 2014 tercatat 2.276 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Jawa Timur mengalami pemasungan, namun pada tahun 2016 angka tersebut berhasil dikurangi hingga 60% sehingga sisa ODGJ yang terpasung di Jawa Timur berjumlah sekitar 728 orang. Untuk menuju Indonesia Bebas Pasung berbagai upaya penanganan korban pasung telah dilakukan. RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) bekerjasama dengan berbagai pihak terkait turut berperan aktif dalam evakuasi korban pasung dan pemberdayaan masyarakat keluarga korban pasung.

            Salah satu upaya yang dilakukan oleh RSJRW dalam percepatan menuju Indonesia Bebas Pasung adalah penguatan koordinasi dengan dinas terkait dan keluarga korban pasung.  Rabu 14 Juni 2017 bertempat di Operation Room, RSJRW menerima kunjungan dari Dinas Kesehatan, TKSK Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung, perawat Puskesmas dan keluarga korban pasung yang keluarganya tengah dirawat di RSJRW. Rombongan sejumlah 50 orang diterima secara simbolis oleh Kepala Bidang Medik Susiati, S.ST. Pada sambutannya Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Anna Sapti Saripah S.KM menyatakan kunjungan ini bermaksud untuk meningkatkan pemahaman pihak-pihak yang berkaitan langsung dengan ODGJ dan kasus pasung pada khususnya. Lebih jauh ditambahkan bahwa kunjungan ini sekaligus bertujuan untuk meyakinkan kembali keluarga korban pasung, agar mempercayakan pengobatan keluarga mereka di RSJRW.

            Pada kesempatan tersebut, rombongan mendapatkan paparan materi sekaligus berdiskusi mengenai Dukungan Keluarga dan Rehabilitasi Psikososial di RSJRW terhadap ODGJ Korban Pasung oleh Perawat Spesialis Jiwa Anang Nurwiyono M.Kep Sp.Jiwa. Kegiatan kunjungan tersebut diakhiri dengan bersilaturahmi  mengunjungi keluarga yang sedang menjalani proses rehabilitasi di RSJRW (hukormas & pkrs rsjrw 0341 426015).  

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials