Detail

Blog Image

PENANGANAN MASALAH GERIATRI DI FASILITAS KESEHATAN JEJARING RSJ DR. RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG

Menuju Rumah Sakit Pusat Rujukan Nasional Psikogeriatri pada tahun 2019, RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan Instalasi Psikogeriatri. Salah satu upaya yang dilaksanakan adalah melakukan penguatan jejaring rujukan dengan Fasilitas Kesehatan (Faskes) pertama di Malang Raya. Sebanyak 30 perwakilan Faskes hadir dalam Pelatihan Penanganan Masalah Geriatri di Faskes Jejaring RSJRW. Pelatihan tersebut diselenggarakan di Gedung Daycare Adiyuswa pada Rabu 24 Mei 2017 dan dibuka secara resmi oleh Direktur Medik dan Keperawatan dr. Yuniar Sp.KJ. 

Masa lansia adalah proses alami yang pasti dialami oleh setiap manusia, pada fase tersebut biasanya individu mengalami penurunan fungsi motorik dan psikomotor. Keadaan tersebut berpotensi menimbulkan masalah kesehatan secara umum maupun kesehatan jiwa secara khusus pada lansia. Berbagai permasalahan kesehatan jiwa yang biasa muncul diantaranya, Demensia (kepikunan), Depresi, Delirium (berkuranya kesadaran) dan Gangguan cemas. Kompleksnya gangguan kejiwaan pada lansia menjadikan pemahaman mengenai deteksi dini dan penanganan gangguan yang tepat harus terus ditingkatkan. Pada pelatihan ini peserta berkesempatan meningkatkan pemahaman mengenai seluk beluk penanganan gangguan jiwa pada lansia, dilihat dari berbagai latar belakang keilmuan, beberapa materi yang dipaparkan yakni:

  1. Paparan Sistem Rujukan Terpadu oleh Basirun Amd.Pk, SKM
  2. Sindrom Geriatri oleh dr. Yunita C Sp.PD
  3. Activity Planning for Elderly oleh dr. Azizah R, Sp.KFR
  4. Behavioural and Psychological Symptoms of Dementia oleh dr. Yulia Fatima Bessing Sp.KJ
  5. Demensia Vaskuler oleh dr. Hari Budi Sp.S

Ke depan diharapkan dengan adanya peningkatan pemahaman penanganan gangguan jiwa pada lansia, gangguan dapat dideteksi dan ditangani sejak dini sehingga para lansia dapat menikmati hari tua mereka  dengan sehat dan bahagia (hukormas & pkrs rsjrw 0341 426015).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials