Detail

Blog Image

Pengenalan Program Daycare Adiyuswa

Lawang (10/3) Tidak perlu takut menjadi tua karena menjadi tua bukanlah suatu penyakit,  tetapi satu proses perubahan alami di dalam tubuh dimana kemampuan tubuh manusia mulai berkurang. Menurut survey Badan Pusat Statistik tahun 2014 jumlah lansia di Indonesia mencapai 20,24 juta jiwa, setara dengan 8,03 persen dari seluruh penduduk Indonesia tahun 2014. Secara sosial, kehidupan lansia sering dipersepsikan secara negatif, atau tidak banyak memberikan manfaat bagi keluarga dan masyarakat. Stigma negatif, kondisi fisik yang menurun dan situasi lingkungan yang kurang mendukung menjadikan lansia rentan terhadap berbagai gangguan jiwa.

Sesuai dengan Visi RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (RSJRW) Menjadi Rumah Sakit Pusat Rujukan Nasional Psikogeriatri pada tahun 2019, RSJRW terus aktif berkontribusi dalam memberikan pelayanan kesehatan khususnya jiwa, dan pemberdayaan kepada lansia sehingga keberadaannya tidak menjadi beban, melainkan dapat berpartisipasi secara aktif dan positif di keluarga dan masyarakat. Salah satu kontribusi yang dilakukan oleh RSJRW adalah membuka pelayanan Daycare khusus lansia. Pada umumnya orang tua yang sudah lanjut usia kebanyakan di rumah saja. Tidak pergi kemana-mana dan pada akhirnya akan membut mereka stres. Daycare Adiyuswa RSJRW mencoba memberikan solusi bagi lansia yang ingin berkegiatan secara aktif, sambil terus melatih kemampuan Kognitif, Psikomotor dan Afektif para lansia.

    Jumat 10 Maret 2017 telah dilaksanakan soft launching Daycare Adiyuswa RSJRW, kegiatan tersebut dihadiri oleh Kader dan Pengurus Posyandu Lansia di Desa Sumberporong Lawang. Sebanyak 50 undangan hadir dalam acara tersebut, undangan yang rata-rata telah berusia lanjut terlihat antusias mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan. Di awal acara, undangan berkesempatan menerima materi dan berdiskusi bersama dr. Yuniar Sp.KJ mengenai Profil Peserta & Caregiver Posyandu Lansia Desa Sumberporong. Materi kedua oleh dr. Yulia Fatima Bessing Sp.KJ mengenai bagaimana Menjadi Warga Lansia yang Mandiri dan Produktif. Di akhir acara para undangan berkesempatan untuk melihat lebih dekat dan mencoba beberapa fasilitas Daycare seperti Pojok Gizi, Ruang Aktivitas Fisik (Gym), Ruang Aktivitas Keterampilan dan Ruang Neurosensory yang berfungsi untuk melatih kemampuan syaraf panca indra. Daycare Adiyuswa akan segera dibuka bagi umum pada April 2017 (asw hukormas rsjrw 0341 426015 ext 1154).

Kategori

Terkini

Tags

Testimonials