Halaman Depan Hubungi Daftar Isi


Informasi :

- Alur Pelayanan secara umum
- Alur Pelayanan Terinci


 Alamat :
Jl. Jend. A. YANI Lawang
Kab. Malang - Jawa Timur
Kode Pos : 65208

 Contact Service :
(0341) 426015, 429067

 IGD / Instalasi Gawat Darurat :
(0341) 423444

 Faximile :

(0341) 423785

 e-mail :
rsjlawang@yahoo.com

 Blog :
rsjlawang.blogspot.com




BERITA
Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Untuk melihat Berita terbaru bisa kunjungi blog rsjlawang.blogspot.com

rsjlawang.blogspot.com

  Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI
ke RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang


        Komisi IX DPR RI dalam masa Reses Masa Persidangan I tahun sidang 2011-2012 pada 6-8 Februari 2012, melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur. Tujuannya untuk meninjau secara langsung program kesehatan jiwa, melakukan fungsi pengawasan, menggali dan menyerap aspirasi dari tenaga-tenaga perawat maupun pasien/ penderita sakit jiwa yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan penyusunan UU tentang kesehatan jiwa. Salah satu obyek yang dikunjungi adalah RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang, lalu kunjungan akan dilanjutkan ke RSJ Daerah Menur Surabaya.
        Jumlah anggota dewan beserta rombongan sebanyak 17 orang, bertindak sebagai ketua tim rombongan yaitu Drs.H.Irgan Chairul Mahfiz,M.Si, anggota DPR RI Fraksi PPP Banten , ikut dalam rombongan dari ( Fraksi PD,Bengkulu ) dr.Dian A.Sykhroza, dr.Indrawati Sukadis ( Fraksi PD,Jambi ), dr.Subagyo Partodiharjo ( Fraksi PD,Jatim IV ), Hj.Endang A.Syarwan Hamid,SIP ( Partai Golkar,Jatim V ), dr.Hj.Mariani Akib Baramuli ( Partai Golkar,Sulsel II ), Dra.Sri Rahayu (  ( Fraksi PDI-P,Jatim V ), Dr.Karolin Margaret Natasya ( Fraksi PDI-P,Kalbar ), Hj.Herlini Amran,MA ( Fraksi PKS,Kepri ), Zuber Safawi,SHI ( Fraksi PKS,Jateng ), Hang Ali Saputra Syah Pahan ( Fraksi PAN,Kalteng ), drg.Putih Sari ( Fraksi Gerindra,Jabar VII ), H.A.Ferdinand Sampurna Jaya ( Fraksi Hanura,Lampung I ).
        Dalam kunjungan kerja spesifik ke RSJ Dr.Radjiman Wediodinigrat Lawang pada Selasa, 7 Februari 2012 rombongan disambut oleh Direksi RSJ yang dipimpin langsung oleh Dr.H.Bambang Eko Sunaryanto,Sp.KJ selaku Direktur Utama RSJ Dr.Radjiman Wediodinigrat Lawang, rombongan meninjau langsung bagaimana pelayanan kesehatan jiwa di RSJ Dr.Radjiman Wediodinigrat Lawang serta melakukan dialog dengan pasien dan tenaga perawat serta  psikiater di beberapa ruang Rawat Inap. Dalam kunjungan tersebut diperkenalkan juga Rehabilitasi Napza serta Layanan Unggulan dari RSJ Dr.Radjiman Wediodinigrat Lawang yaitu Instalasi Psikogeriatri. Acara yang juga dihadiri oleh Direktur Kesehatan Jiwa Ditjend BUK dan Puskom Publik Kemenkes RI, Bupati Malang, Jajaran Muspika Lawang, Dinkes Provinsi Jawa Timur beserta jajarannya serta beberapa undangan UPT Daerah yang merupakan jejaring Kesehatan Jiwa di Provinsi Jawa Timur. Acara tersebut dilanjutkan dengan dialog interaktif. Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama RSJ Dr.Radjiman Wediodiningrat Lawang mempresentasikan beberapa layanan yang ada di RSJ Dr.Radjiman Wediodinigrat Lawang serta menjawab pertanyaan yang disampaikan anggota Komisi IX DPR RI, mencakup kegelisahan tenaga kesehatan yang juga menjadi inti dari kunjungan adalah korban pasung, sosialisasi dan bentuk kerjasama dengan instansi terkait, tindakan preventif dan hak pasien yang berkaitan dengan peraturan Gubernur Provinsi Jawa Timur tentang pembiayaan Jamkesda, Kebijakan Pemerintah Daerah / Provinsi tentang pasien Non Jamkesda dan dampaknya terhadap pelayanan kesehatan Jiwa khususnya di RSJ Dr.Radjiman Wediodinigrat Lawang.
        Dari paparan Direktur Utama RSJ Dr.Radjiman Wediodinigrat Lawang, diperoleh informasi bahwa di RSJ Dr.Radjiman Wediodinigrat Lawang sendiri sudah dibentuk Tim Pencari Korban Pasung, hanya saja kinerja Tim terkendala pada wilayah yang tidak terjangkau dan kesadaran masyarakat untuk melaporkan jika masih menemui penderita gangguan jiwa yang dipasung. RSJ Dr.Radjiman Wediodinigrat Lawang sudah melakukan penyuluhan ke beberapa Kecamatan di wilayah Malang pada khususnya dan kabupaten lain di Jawa Timur pada umumnya sebagai bentuk sosialisasi ke masyarakat akan program ini. Perlu di garisbawahi bahwa RSJ Dr.Radjiman Wediodinigrat Lawang tidak pernah menolak pasien Jamkesda, pasien Jamkesda akan tetap diterima dan akan dilakukan tindakan Rawat Jalan dengan terapi selama maksimal 3 hari, setelah itu pasien disarankan untuk mendapat surat rujukan ke Rumah Sakit Daerah. Sesuai edaran Gubernur Jawa Timur, untuk korban pasung semua tindakan perawatan termasuk obat tidak dikenakan biaya. Selain itu dalam rangka meningkatkan kualitas SDM, RSJ Dr.Radjiman Wediodinigrat Lawang juga membentuk SDM yang unggul seperti mendidik 40 dokter umum dan tenaga psikiater untuk menjadi konsultan kesehatan jiwa. Dan sampai saat ini belum semua Kabupaten / Kota melakukan MOU dengan RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang yang berkaitan dengan kebijakan Jamkesda, bahkan belum ada Peraturan Daerah yang mengaturnya, hal ini juga dibenarkan oleh Bupati Malang.
        Kementerian Kesehatan melalui anggota Komisi XI DPR RI, juga menegaskan bahwa pasien yang tidak mampu dan tidak di cover oleh Jamkesmas / Jamkesda harus mempunyai surat pernyataan miskin dari dinas terkait untuk mendapatkan pelayanan. Tindakan preventif untuk penderita gangguan jiwa berat adalah pengobatan yang rutin dan spesifik, sedangkan untuk penderita gangguan jiwa non berat, pemerintah berencana akan membuka Layanan Hotline Service ( 454 ) yang nantinya akan menyediakan kurang lebih 30 line telepon yang bisa diakses masyarakat luas sebagai upaya pencegahan dan mendeteksi dini penderita gangguan jiwa ringan sebelum meningkat menjadi berat. Menilik dari sifatnya, RSJ di Indonesia akan difungsikan sebagai RS Rujukan, karena Tahun 2012, 13,5% dari Puskesmas akan dioptimalkan fungsinya sehingga diharapkan nantinya juga bisa menangani kasus kejiwaan sehingga layanan kesehatan jiwa bisa tersebar, tujuannya agar pasien yang terkendala jarak bisa langsung berobat ke Puskesmas setempat. (srs)


Klik gambar untuk memperbesar

 
  Workshop Kesehatan Jiwa
Tanggal 11-13 Oktober 2011
Download Leaflet Belakang
Download Leaflet Depan
 
 

Seminar Paguyuban Sehat Jiwa

PENDAHULUAN
Orang yang mengalami gangguan kesehatan jiwa bukan ancaman bagi masyarakat, mereka justru menjadi korban stigma yang masih melekat di masyarakat. Perilaku penderita yang tampak menyimpang dari perilaku normal hanyalah gejala dari penyakit sebelum mendapat pengobatan dengan tepat.
Masyarakat perlu mengetahui perbedaan antara gejala dan penyakitnya yang mencul sebagai tanda-tanda awal gangguan jiwa. Dengan pengobatan yang baik, gejala-gejala tersebut bisa diobati atau dihilangkan. Penderita gangguan jiwa sebagaimana penderita sakit lainnya perlu mendapat perlindungan dan pengobatan.  Dalam perkembangannya, keberhasilan pengobatan medis harus didukung dengan adanya peran serta keluarga dan masyarakat sangatlah diperlukan agar penderita gangguan kesehatan jiwa mampu untuk hidup layak.
Dukungan masyarakat dan keluarga sangat diperlukan dalam menunjang upaya kesembuhan bagi penderita gangguan kesehatan jiwa yang sering kambuh dan tidak memahami gejala-gejala awal terjadinya gangguan kesehatan jiwa.
Untuk itu Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang, mengajak kepada penderita gangguan kesehatan jiwa yang sudah baik/sembuh, keluarga penderita dan masyarakat untuk mengupayakan kesembuhan dan menjalankan fungsi kontrol terutama setelah  menjalani perawatan dari Rumah Sakit Jiwa.

TUJUAN

  1. Peserta memahami jenis-jenis gangguan kesehatan jiwa.
  2. Peserta memahami tanda-tanda awal dan lanjutan gangguan kesehatan jiwa.
  3. Peserta mengetahui cara-cara yang tepat dalam menangani penderita apabila kambuh.
  4. Peserta mengetahui cara-cara merawat dan menangani penderita gangguan kesehatan jiwa.
  5. Barbagi pengalaman bagi penyandang gangguan kesehatan jiwa dan keluarganya
KRITERIA PESERTA
  1. Orang dengan masalah kesehatan jiwa (ODMK) yang sudah sembuh.
  2. Keluarga ODMK  baik yang sudah sembuh maupun yang sedang menjalani perawatan.
  3. Masyarakat umum. Tokoh masyarakat, LSM dll

Waktu dan Tempat : 24 Juni 2010 di Ruang Arjuna RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang (Lantai 3)

Brosur : DOWNLOAD
4 Juni 2010

 
 

Training for trainer on Psycogeriatry & Geriatry for Medical Practitioners
di Balai Pelatihan Kesehatan Murnajati Lawang (4-6 Januari 2009)
Brosur :     DOWNLOAD Page 1  -  DOWNLOAD Page 2
3 Desember 2008

 
 

Pertemuan Ilmiah dua tahunan I - Kesehatan Jiwa Islami Indonesia 2008
Tema Sentral :
Menyongsong Globalisasi dengan Reaktualisasi Nilai-Nilai
Kesehatan Jiwa Islami di Indonesia

23 April 2008

 
  Pengumuman Lelang di RSJ Dr. Radjiman W. Lawang - Februari 2008
1 Februari 2008
 
  Lelang Operasional dan Pemeliharaan Rumah Sakit
10 Maret 2008
 
  Agenda HUT ke 105 Rumah Sakit Jiwa Dr.Radjiman W. Lawang
22-6-2007
 
       
       
       
       
       
       

 

 

 

 

Home        Contacts        Profil        Informasi        Berita        Artikel        Tarif       
Copyright © 2007 - 2012 by Staf IT RSJ. Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang